5 Waktu Dilarang Tidur Dalam Islam

5 Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam


Waktu Di Larang Tidur Dalam Hukum Islam Dan Wajib Diketahui Semua Umat Islam. Islam melarang umatnya untuk tidur dalam waktu-waktu tertentu karena ada mudhorotnya jika kita lakukan. Tentunya kita sebagai umat islam harus menghindari beberapa waktu yang dilarang untuk tidur sebagai berikut!

Dilarang Tidur
Sumber Gambar : blog.uad.ac.id

Waktu Dilarang Untuk Tidur



Tidur Setelah Sholat Subuh


Tidur setelah sholat subuh memang sangat nikmat tetapi Rasullulah SAW. melarang umatnya untuk tidur setelah sholat subuh karena akan menyebabkan malas, tidak semangat, menghambat rezeki dan tidak mendapatkan berkah di pagi harinya. Selain itu, tidur pagi bukanlah termasuk akhlak dan kebiasaan para ulama salafus sholihin dan tidak sesuai dengan perintah dan petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Ibnul Qayyim berkata, “Ada empat hal yang menghambat datangnya rezeki yaitu : tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan dan berkhianat“. (Zaadul Ma’ad)
Dampak negatifnya yang akan menimbulkan : mengganggu masalah metabolisme tubuh, keadaan badan akan menjadi lemah dan lesu, serta akan menghilangkan waktu yang sangat produktif. Jika tidur terlalu lama maka akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari.

Tidur Setelah Sholat Ashar Menjelang Magrib


Tidur setelah sholat ashar biasanya akan menyebabkan kita linglung, bingung, pusing, dan seperti orang yang sakit. Banyak ulama mengatakan “Siapa saja yang tidur selepas waktu sholat ashar akan terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika kita sering tidur di sore hari akan mengakibatkan jiwa atau pikiran semakin buruk.

Tidur Sebelum Sholat Isya'


Tidur di waktu ini telah di riwayatkan oleh Abu Barzah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat isya’ dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya“. (HR. Bukhari dan Muslim)
Ada ulama menjelaskan, sebab dibenci tidur malam sebelum isya’ adalah dapat memungkinkan ditinggalkannya sholat isya’ pada waktunya. Jadi, jangan tidur sebelum Anda melakukan sholat isya'

Tidur Setelah Selesai Makan


jika kalian tidur setelah makan maka proses pencernaan berjalan tidak maksimal dan akan menyebabkan pencernaan tidak sempurna tidur setelah selesai makan serta dapat membahayakan kesehatan kita.


Tidur sepanjang hari


Jangan tidur sepanjang hari kecuali anda sedang tidk memungkinkan contohnya sakit. Karena jika banyak tidur hukumnya makruh dan tidak dianjurkan oleh Islam. Karena banyak tidur akan mematikan hati, menimbulkan rasa kemalasan, dan akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh.
Tidur akan memberi manfaat bagi tubuh jika tidak tidur di 5 waktu diatas karena Islam melarangnya jika kita tidur di 5 waktu diatas akan menyebabkan kesehatan memburuk, rezeki dan kecintaan Allah Swt. pada hamba-Nya.
Semoga 5 Waktu Di Larang Tidur Dalam Islam dapat memberi manfaat untuk kita semua khususnya umat Islam.
Baca Juga : Waktu Dilarang Mandi Dan Baik Menurut Islam

1 Response to "5 Waktu Dilarang Tidur Dalam Islam"

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari Springbed / Kasur merk american yang nyaman untuk tidur di Malang silahkan cek di sini:
    Springbed American
    Springbed American vs Central
    Springbed American Imperial
    Springbed American King
    Springbed American Pillo
    Springbed American Pillow
    Springbed American vs Bigland
    WA : 081249676477
    Springbed Malang
    Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang

    ReplyDelete