Pengertian Dan Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Indonesia

Pengertian dan Letak Wilayah Astronomis, Geografis Dan Geologis Indonesia



TipsVsTrik - Pengertian Dan Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Indonesia.

Letak Astronomis


Untuk memudahkan mempelajari letak suatu negara atau wilayah lebih kecil, para ahli membuat grais khayal yang membagi bumi secara horizontal dan vertikel. Letak suatu wilayah berdasarkan garis khayal itulah yang dimaksud dengan letak atronomis.

Letak astronomis wilayah adalah letak wilayah yang dilihat bedasarkan posisi wilayah atau garis bujur dan garis lintangnya. Garis lintang adalah garis khayal pada peta, atlas, atau globe yang melintang (horizontal) dari barat ke timur atau sebaliknya, sedangkan garis bujur adalah garis khayal pada peta, atlas, atau globe yang membujur (vertikal) dari utara ke selatan ataupun sebaliknya.



Bedasarkan letak asronomis, indonesia berada antara 95° BT-141° BT dan antara 6° LU-11° LS. Wilayah indonesia paling utara adalah Pulau We di Sumatra terletak pada 6° LU, wilayah paling selatan adalah Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur terletak pada 11° LS, wilayah indonesia paling barat adalah Sabang di Sumatra yang terletak pada 95° BT dan wilayah paling timur adalah Kota Merauke di Papua yang terletak pada 141° BT.



Indonesia dilalu oleh garis khatulistiwa atau disebut equator, yaitu garis khayal pada peta, atlas atau globe yang membagi bumi menjadi dua bagian sama besarnya. Garis khatulistiwa terletak pada garis lintang 0°. Hal demikian menyebabkan indonesia beriklim tropis.

Ciri-Ciri Iklim Tropis Indonesia


  • Memiliki curah hujang yang tinggi.

  • Memiliki hutan hujan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

  • Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun.
  • Dan banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi.


Letak Geografis


Letak geografis adalah letak suatu wilayah yang sebenarnya di permukaan bumi. Bedasarkan letak geografisnya, indonesia terletak di antara dua benua dan duan samudra. Dua benua yang dimaksud adalah Benua Asia dan Benua Australia, sedangkan dua samudra yang dimaksud adalah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
Posisi yang demikian ini dikatakan bahwa indonesia berada pada proses silang dunia atau disebut dengan World Cross Position. Bedasarkan letak ini Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian.

Letak Geologis


Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada di permukaan bumi. Apabila dilihat berdasarkan letak geologisnya, Indonesia menjadi bagian dari dua buah rangkaian pegunungan muda dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Mideteran di sebelah barat dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur.
Indonesia juga terletak pada pertemuan lempengan litosfer, yaiut lempengan Indonesia-Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia. Selain itu, Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dengkalan Sunda, Dangkalan Sahul, Dan Daerah Lau Pertengahan Australia Asiatis. Baca Juga : Pengaruh Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Indonesia

0 Response to "Pengertian Dan Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Indonesia"

Post a Comment