Pengaruh Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Indonesia

Pengaruh Letak Wilayah Astronomis, Geografis, Dan Geologis Indonesia


TipsVsTrik - Pengaruh Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Indonesia serta dampak dan akibatnya.
Pengaruh letak astronomis, geografis dan geologis bagi kehidupan di Indonesia dapat dilihat pada hal-hal berikut.
1. Pembagian Wilayah Waktu Di Kepulauan Indonesia
Perhitungan dunia waktu adalah tiap 15 derajat dari busur memiliki perbedaan waktu satu jam karena 360 derajat dibagi 24 sama dengan 15 derajat. Posisi dan letak bujur kepulauan Indonesia membentang dari 95 derajat BT-141 derajat BT berpengaruh terhadap wilayah waktu di Indonesia. Indonesia terdiri atas tiga pembagian wilayah waktu sebagai berikut.

A. Daerah Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Daerah ini meliputi seluruh Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Waktu Indonesia Barat memiliki selisih 7 jam lebih awal dari GMT (Greenwich Mean Time).

B. Daerah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)
Daerah ini meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia tengah memiliki selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT.
C. Daerah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)
Daerah ini meliputi Kepulauan Maluku, Papua dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT.

2. Kondisi Iklim Indonesia


Letak astronomis dan geografis kepulauan Indonesia berpengaruh terhadap kondisi iklim di Indonesia. Iklim berpengaruh terhadap perekonomian dan aktivitas masyarakatnya. Indonesia terletak pada lintang rendah atau berada di sekitar garis khatulistiwa. Adapun kondisi iklim di Indonesia sebagai berikut.
a. Indonesia berdasarkan letak lintangnya berada pada zona iklim tropis.
b. Indonesia memiliki temperatur udara cukup tinggi dan tingkat curah hujan yang dipengaruhi oleh perbedaan musim.
c. Pada dasarnya, Indonesia memiliki tipe iklim tropis yang lembab karena curah hujannya relatif tinggi.
d. Bertiupnya angin muson (musim) yang merupakan gerakan massa udara karena pengaruh perbedaan tekanan udara antara benua dan lautan.

3. Perubahan Musim di Indonesia


Letak geografis Indonesia menyebabkan wilayah Indonesia memiliki iklim muson tropis yang berpengaruh terhadap perubahan musim di Indonesia. Di Indonesia hanya ada dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Perubahan musim tersebut di akibatkan oleh angin muson bertipu melewati Indonesia. Muson berasal dari kata monsoon yang artinye angin musim. Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan dan lautan.
Proses terjadinya angin muson sangat dipengaruhi oleh Benua Asia di belahan bumi utara dan Australia di belahan bumi selatan yang menggapi dua samudra. Angin muson yang melintasi Indonesia adalah angin muson barat dan angin muson timur.
A. Angin Muson Barat
Pada bulan Oktober sampai April matahari berada di belahan bumi selatan sehingga Benua Australia bertekanan rendah (minium) dan di Benua Asia bertekanan tinggi (maksimum). Pada saat itu, bertiup angin dari Benua Asia menuju Benua Australia yang disebut angin muson barat. Karena melewati lautan yang luas, angin muson banyak mengandung uap air. Oleh karena itu, antara bulan Oktober sampai April Indonesia terjadi musim penghujan.

B. Angin Muson Timur
Pada bulan April sampai Oktober, di Benua Australia terjadi tekanan udara tinggi (maksium). Sebaliknya, di Benua Asia bertekanan udara rendah (minium) sehingga angin bertiup dari Benua Australia menuju Asia, yang disebut angin muson timur. Karena hanya melalui lautan sempit angin bersifat kering. Oleh karena itu, antara bulan April sampai Okober di Indonesia terjadi musim kemarau.

4. Pengaruh Letak Geologi


Letak geologis yang demikian menyebabkan wilayah Indonesia banyak ditemukan gunung berapi dan tanah yang subur. Akan tetapi, letak geologis yang demikian juga mengakibatkan di Indonesia sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus.
Baca Juga Pengertian Dan Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Indonesia

0 Response to "Pengaruh Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Indonesia"

Posting Komentar