Mengenal Macam dan Fungsi GPU

Macam dan Fungsi dari GPU


Mengenal macam dan fungsi dari GPU tersebut. Apakah GPU itu? Apakah anda sering mendengar nama GPU di smartphone, tetapi apakah anda sudah tau tentang GPU tersebut? GPU merupakan singkatan dari graphic processing unit. GPU merupakan sebuah tambahan CPU (Central Processing Unit) yang sering disebut dengan co-processor, memiliki tugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, dan salah satunya adalah pengolahan grafis.
Fungsi GPU (graphic processing unit) hampir mirip dengan CPU. Namun ada yang membedakan antara CPU dan GPU adalah bahwa CPU hanya memiliki beberapa core , sedangkan untuk GPU memiliki ribu core yang membedakan tugas dan fungsi antara GPU dengan CPU adalah GPU lebih tepat sebagai pengolah grafis atau gambar, sedangkan CPU untuk pengolah data.
Sebelum melakukan pengolahan gambar (grafis), GPU akan terlebih dahulu untuk melakukan penelitian untuk setiap pixel yang muncul didalam layar, dan jumlahnya bisa mencapai beberapa juta-juta. Namun bisa GPU memiliki kemampuan hitung yang rendah dibandingkan dengan CPU, namun GPU unggul dalam jumlah. Sedangkan, dalam dunia grafis jumlah adalah point yang sangat penting, oleh sebab itu GPU lebih tepatnya sebagai pengolah grafis (gambar).

Baca Juga Urutan Processor Android Terbaik

Macam Dan Fungsi GPU

Macam-Macam GPU



Mali


Mali adalah merupakan salah satu produk GPU yang dilahir dari sebuah perusahaan yang bernama ARM. Belum terlalu mengenal GPU Mali, karena masih jarang smartphone yang telah menggunakan GPU Mali. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali T-720, namun hingga sekarang belum ada smartphone yang berjalan dengan GPU Mali T-720. Untuk tingkatan produk Mali dari tercepat hingga terendah adalah Mali T760, Mali T628MP6, Mali 450Mali dan 400MP.

PowerVR


PowerVR merupakan GPU yang paling banyak kita jumpai di sebuh perangkat Apple seperti iPhone dan iPod. Dan salah satu produk PowerVR yang terbaru adalah G6430, yang saat ini telah digunakan iPhone 5S. Tingkatan produk PowerVR dari terendah sampai dengan tercepat adalah PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S).

Adreno


GPU ini dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Tingkatan urutan GPU Adreno dari terendah hingga tercepat Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420.

Baca Juga : Urutan Tingkatan OS Android

1 Response to "Mengenal Macam dan Fungsi GPU"